Selasa, 21 Juni 2016

PUASA dengan niat DIET? Bolehkah?

X : Boleh...boleh...

Y : Eh beneran?

X : Iyaaa! Boleh kok! Bahkan sampai ada hadist nya seperti ini 

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Bener kok, boleh-boleh aja ga ada yang larang. Apalagi dengan adanya hadist itu, beuuuh kalo niatnya diet, pasti dapet deh! Tapi...

Y : Tuh kan ada tapinya

X : Dengerin dulu biar nanti ga nyesel!
Boleh kok mangga aja, toh sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui. Ibarat kata mah yaudah aja mumpung bulan puasa, skalian diet. Beuuuh! Favorit banget bulan Ramadhan jadi ajang diet!
Tapi sayang banget loh kalo niatnya cuma diet aja! Kenapa? Perlu ditambah niat-niat lain kah? Bukan! Cukup satu niat aja ga usah banyak-banyak, ribet! Yaitu niat karena Allah aja!

Y : Yah... Lo mau tausyiah yak? Itu klasik banget! Tiap tahun gue denger tausyiah kayak gitu! Basi! 

X : Sayang banget keles! Karna kalo niat lo cuma mau diet, itu mah udah pasti dapet kalo puasa lo bener-bener sesuai hakikatnya. Nih dalam buku Diabetic Medicine, ilmuwan bernama Sulimami mengatakan, “Berpuasa tidak berbahaya untuk mereka yang menderita diabetes, justru banyak manfaatnya. Bagi Anda yang kurang sehat, berpuasa justru diyakini, berdasarkan penelitian, bisa membuat badan secara otomatis menjadi sehat.” Tuh! Badan otomatis jadi sehat, alias ya kalo lo merasa badan 'ukurannya lebih' dari yang seharusnya normal, pasti bakal balik ke normal. Karna ya yang sehat itu adalah normal. 

Y : Lah gue selalu puasa kok setiap tahun, meskipun dengan niat diet sih, tapi kagak normal-normal. Padahal menurut dokter badan gue 'agak berlebih'

X : Ada yang salah pasti sama puasa lo, coba kroscek lagi, mungkin kebanyakan tidur? Atau males-malesan? Atau pas buka lo bales dendam? Porsi bukanya makan siang + makan malem?

Y : ...

X : Nih bayangin kalo niat puasa lo karna Allah ada banyaaaaaak banget kebaikan yang bakal lo dapetin nih ya jabarin satu-satu yak! 

Pertama 

الصيام جنة وحصن حصين من النار
"Puasa adalah perisai dan benteng dari api neraka." (hadits hasan riwayat Ahmad).

Maksud hadits di atas bahwa orang yang berpuasa selalu menahan diri dari syahwat-syahwat yang mengelilinginya, sedang api neraka sendiri dipenuhi dengan syahwat-syahwat tersebut. Dengan demikian, orang yang berpuasa secara tidak langsung telah membentengi dirinya dari amalan-amalan yang menyebabkan masuk neraka.


Kedua 

ثلاثة لا ترد دعوتهم : الصائم حين يفطر ، والإمام العادل ، ودعوة المظلوم
"Tiga golongan yang tidak tertolak do'anya: orang yang berpuasa ketika berbuka, pemimpin yang adil, dan do'anya orang yang terzalimi " (hadits shahih riwayat Tirmidzi)

Hadits di atas menjelaskan bahwa sepanjang orang tersebut berpuasa, sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, doanya tidak tertolak.


Ketiga

فتنة الرجل في أهله وماله وولده وجاره تكفرها الصلاة والصوم والصدقة
"Fitnah yang dialami seseorang dalam keluarga, harta, anak dan tetangganya akan terhapus dengan salat, puasa dan sedekah" (HR Bukhari dan Muslim).

Yang dimaksud "Fitnah" dalam hadits di atas adalah hal-hal yang membuatnya berpaling dari ibadah karena kesibukannya mengurusi keluarga, harta , anak dan tetangga, yang kadang-kadang membuatnya berbuat dosa. Seperti marah-marah kepada anak dan istrinya, benci dengan tetangganya, atau terlalu cinta dengan harta sehingga meninggalkan beberapa kewajiban yang seharusnya dia kerjakan. Dosa-dosa seperti itu bisa terhapus dengan salat, puasa dan sedekah.


Keempat 

Setiap amal sholeh, Allah telah menentukan pahalanya masing-masing, kecuali puasa, Allah swt akan membalas orang yang berpuasa dengan pahala yang tidak terhitung, sebagaimana yang tersebut dalam firman-Nya:

إنما يوفى الصابرون أجرهم بغير حساب
" Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas " (QS Az Zumar : 10)

Maksud dari orang-orang yang bersabar dalam ayat di atas menurut mayoritas ulama adalah orang-orang yang berpuasa, karena puasa merupakan salah satu bentuk kesabaran yang luar biasa. Hal ini dikuatkan dengan hadits Qudsi yang menyebutkan :
كل عمل ابن آدم يضاعف ، الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف ، قال الله عز وجل : إلا الصوم فإنه لي وأنا أجزي به، يدع شهوته وطعامه من أجلي
"Setiap amal anak Adam akan dilipatgandakan. Satu kebaikan bisa dilipatgandakan dari sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman, "Kecuali puasa, sesungguhnya dia adalah milik-Ku, dan Aku yang akan membalasnya sendiri, karena dia meninggalkan syahwat dan makannya demi mencari ridha-Ku.” (HR Bukhari Muslim)


Kelima
Para ahli medis menyebutkan bahwa puasa bisa menyebabkan badan kita sehat. Karena ketika tubuh tidak dimasuki makanan lagi, dia akan memproses zat kimia yang berasal dari asam lemak ke dalam sistim metabolisme tubuh yang kemudian dikeluarkan melalui organ-organ pembuangan. Itu berarti mengubah simpanan lemak menjadi energi. Selain itu, puasa juga mampu mengeluarkan racun pada tubuh melalui kolon, ginjal, paru-paru, kelenjar limpa, dan kulit.
Perlu diketahui juga bahwa kebiasaan makan yang salah dan tanpa aturan akan menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit. Seperti tekanan darah tinggi, penyempitan pembuluh darah otak, penyakit jantung koroner, dan lain-lainnya. Dengan puasa, diri kita akan terlatih untuk menahan diri dari berbagai macam makanan yang kita sukai yang tidak jarang akan banyak membawa berbagai macam penyakit seperti yang disebut di atas. Oleh karena itu , secara tidak langsung orang yang berpuasa akan banyak terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kalau ditinjau secara kejiwaan, puasa merupakan usaha melatih diri untuk menjadi lebih tenang dan sabar, serta lebih mampu untuk menghindari berbagai konflik dengan orang lain. Hasil dari latihan yang terus-menerus selama sebulan setiap tahun tentu akan berujung pada kemampuan kita untuk mengendalikan nafsu dan membuat jiwa kita menjadi lebih sehat.

X : Tuh gue sebutin 4 janji dasyat Allah dan 1 dari dari ahli medis ya kalau niatnya karna Allah. Malah mungkin Allah akan memberikan kebaikan yang lebih dari itu karena Puasa itu adalah satu-satunya ibadah yang balasannya langsung dari Allah. Jadi bisa jadi bentuk kebaikan yang tidak di sangka-sangka akan datang kepada mereka yang sungguh-sungguh berpuasa dengan niat karena Allah. Jadi badan jadi normal tuh cuma bonus cyin! Bonus! Yang jelas-jelas sayang banget kalo bonus malah di jadiin niat!

Y : Hem... Lumayan nyesel sih gue udah sekian tahun niatnya cuma buat diet hahaha! Yasudah mulai sekarang gue puasa akan niat karna Allah! Makasih ya bikin gue ga sembarangan memanfaatkan bulan penuh syafaat ini :)

X: yakin diet masih mau dijadiin tambahan niat? setau gue sih allah ga suka diduain hahaha

0 komentar:

Posting Komentar

statistics

Bukan pakar, mari sama-sama belajar. Pun bukan ahli, mari saling berbagi | Melangit dan Membumi

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact