Kamis, 09 Februari 2017

rauufun bil'ibaad

Kadang tanpa kita sadari, dewasa ini, bahwa berhala itu ada 2 macam. Yaitu berhala “hardware” dan berhala “software”. Wihhh apaan tuh? *pakai gaya Komeng mengedipkan sebelah matanya*.


Berhala hardware misalnya uang, sementara berhala software misalnya ikhtiar kita sendiri. Tanpa sadar kita sering menggantungkan harapan dan kesuksesan duniawi pada kedua hal tersebut: uang dan ikhtiar.


Allah menyuruh kita berikhtiar semaksimal mungkin demi takdir yang ingin kita jemput. Tapi Allah tak menyuruh kita untuk menuhankan ikhtiar. Seakan-akan kesuksesan kita hanya ditentukan oleh ikhtiar dan jumlah uang yang kita miliki. Mungkin itu semua sudah membuat kita silau, tapi apakah Allah perlu mematikan semua cahaya tersebut agar kita sadar bahwa hanya cahayaNya yang abadi? Kan naudzubillah yak, jangan sampe.


Ingat, kita dulu pun hanya ruh yang membutuhkan jasad. Berubah menjadi zigot yang membutuhkan rahim. Juga bayi yang membutuhkan kasih cinta ibunya. Kita mendapatkan itu semua karena apa? Karena saat itu... harapan kita satu-satunya hanyalah pada Allah SWT.





Tapi, bukan berarti karena hal tersebut jadi sekonyong-konyong alakadarnya doang ikhtiarnya kita. Engga. Kan “SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK AKAN MENGUBAH NASIB SUATU KAUM KECUALI KAUM ITU SENDIRI YANG MENGUBAH APA APA YANG PADA DIRI MEREKA ” QS 13:11. Kan juga "PAHALAMU SESUAI KADAR LELAHMU". Cuma kita harus ingat, doa itu penting. Yang mendominasi lebih dari 50% keberhasilan kita itu ya atas ridhoNya Allah makanya keberhasilan itu bisa sampai di tangan kita. 


Kun fayakun!!! Dan hal yang awalnya seperti tak mungkin bagi kita, mudah di tangan Allah. Kita harus berhati-hati betul, jangan sampai menuhankan ikhtiar kita, bahwa sekalinya ada ganjalan pada jalan ikhtiar kita, kita langsung limbung tak tentu arah, jadi lupa janji-janji Allah. Sambil gerak (ikhtiar), doa aja terus... semoga dilapangkan hati kita untuk menerima setiap ketentuan (terbaik) menurut Allah.





Untuk semua yang sedang memperjuangkan (apapun),
Selamat berdoa dan berusaha, ya!! ^^ Ingat Allah dulu, Allah lagi, Allah terus.

0 komentar:

Posting Komentar

statistics

Bukan pakar, mari sama-sama belajar. Pun bukan ahli, mari saling berbagi | Melangit dan Membumi

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact