Sabtu, 14 September 2013

DUNIA CYBER, SARANA MEDIA INFORMASI TERBARUKAN

Oleh: Monaliza Sekar Rini

Abad ke-21 ini informasi bukan hanya menjadi pelengkap dalam kehidupan manusia di belahan dunia manapun, namun sudah menjadi kebutuhan yang menuntut untuk dipenuhi. Ini terjadi akibat semakin berkembangnya berbagai bidang mulai dari bidang ekonomi, bidang kesehatan, bidang sosial pertahanan, dll. Keberadaan media massa sebagai penyedia informasi mulai menjamur.
Sebelum berkembangnya media internet di Indonesia, media informasi yang menjadi andalan masyarakat adalah media cetak, radio, dan televisi. Seiring berkembangnya zaman, masyarakat menginginkan informasi terbaru yang lebih cepat, akurat dan mudah untuk di akses. Karena itu inovasi-inovasi media dalam menyampaikan informasi mulai dikembangkan.
Menurut data statistik United Nations Department of Economic and Social Affairs tahun 2010, pengguna internet di Indonesia semakin meningkat sejak tahun 2000 hingga 2010 sebesar 12,3 %. Hal itu didukung dengan berdirinya Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia tahun 1994 (1). Internet mulai dikenal oleh masyarakat, perlahan-lahan kemudahan untuk mendapatkan akses internet ini semakin mudah.
Melihat hal itu, beberapa media cetak yang biasanya terbit setiap harinya, mencoba membuat semacam inovasi agar pembaca setianya tidak pindah ke media lain. Beberapa media cetak yang ada di Indonesia perlahan tapi pasti mulai menghadirkan tampilan berita serta informasinya dalam bentuk online. Memang saat ini dengan rutinitas dan aktivitas masyarakat yang begitu padat memaksa mereka untuk selalu up to date informasi terbaru yang terjadi setiap harinya tanpa terikat oleh waktu. Inilah yang menjadi asal mula dunia cyber sebagai sarana penyebaran informasi di tengah masyarakat.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang aktual, memasuki era globalisasi diperlukan adanya keterpaduan dan sinergi dari seluruh pihak yang bersangkutan, kemajuan teknologi informasi berdampak pada perubahan pola kegiatan masyarakat yang berorientasi pada kemudahan-kemudahan dalam berbagai aktivitas dengan menggunakan sarana informasi yang lebih modern sebagai dampak dari keinginan dan perubahan tersebut.
Perkembangan teknologi informasi seperti akses internet (cyber) sebagai sebuah sarana informasi global dimana dunia  cyber ini dapat dikatakan sebagai ensiklopedia dunia yang merupakan pusat dari segala informasi seluruh dunia yang efisien dan efektif. Pengaksesan internet yang saat ini mudah dilakukan dan mampu menjangkau seluruh dunia membuat pemanfaatan situs-situs media massa akan lebih mendunia dimana media massa dapat menyampaikan informasi terbaru secara lebih mudah dan efisien kepada masyarakat.
Sebagai media informasi, dunia cyber akan memberikan beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan media informasi konvensional berupa koran, majalah maupun media cetak lainnya. Dunia cyber jauh lebih efektif dan efisien dibanding penyebaran informasi melalui media cetak. Proses penyebaran informasi melalui internet dapat menjangkau berbagai wilayah geografis di dunia dengan cepat. Jika ditinjau dari segi biaya, penyampaian informasi melalui dunia cyber lebih terjangkau dibandingkan media konvensional yang membutuhkan kertas dan tinta. Sehingga media informasi melalui internet ini telah menjadi sebuah sarana penyebaran informasi yang sangat menggembirakan dan menguntungkan bagi umat manusia. Inilah sebabnya dewasa ini dalam perkembangannya dunia cyber memiliki banyak peminat sebagai media penyampai informasi dibandingkan dengan media informasi konvensional.



 

(1) Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet: Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta: Gramedia (hal 6-7).

0 komentar:

Posting Komentar

statistics

Bukan pakar, mari sama-sama belajar. Pun bukan ahli, mari saling berbagi | Melangit dan Membumi

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact