Rabu, 01 Juni 2016

Reza

Namanya Reza kelas 5 SD. Senengnya sejarah, setiap belajar sama kakak-kakak di taman baca maunya belajar IPS, atau tebak-tebakan tentang tokoh dan peristiwa sejarah nasional. Tapi Reza tetep nyambung kalo belajar sains dan matematika.
Hari ini harusnya hari kreatifitas, tapi Reza malah minta belajar.
.
.
.
R: “kak saya masa kesini cuma main lipet-lipetan kertas?”
I: “reza mau belajar?”
R: “belajar aja kak
I: “yaudah keluarin bukunya, mau belajar apa?”
R: “saya gabawa buku pelajaran kak, bawanya buku bacaan”
I: *kirain buku cerita atau komik bocah*
R: “nih kak!” *bukunya 'Jejak-Jejak Pengasingan Para Tokoh Bangsa'. Eduuun juga anak ini, pikir saya.*
I: “kamu seriusan baca ini?”
R: “iya kak, saya udah baca sampe halaman 221, sampe jend. Ahmad Yani”
I: “waaaaaw, kamu paling seneng ceritanya siapa?”
R: “saya seneng ama 1 tokoh, tapi masa gak masuk dibuku ini kak”
I: “siapa siapa?” (Antusias)
R: “Sarwo edi wibowo”
I: (menggali ingatan, nanya ama diri sendiri biar gak malu, ini bapaknya Bu Ani bukan sih) “tentara yaa? Bapaknya Ani yudhoyono bukan sih? Kok reza seneng ama beliau? Ceritain dong”
R: “yang saya baca di buku, nama anaknya kristiani, kagak ada yudhoyono”
I: -_________________- “kristiani itu nama panjang nya bu Ani Za, istrinya pak SBY. Jadi gmn ceritanya?” *kebiasaan ga sopan saya. Suka didongengin, mending cuma didongengin, ini habis ini paling minta tau endingnya doang*
R: “gamau ah, kakak baca sendiri aja tentang Sarwo biar entar kakak yg cerita, kan saya muridnya”
I: (… Malu…)
.
.
.
Reza, umurnya baru 10 tahun bacaannya sudah se'berat’ itu dan sudah pasti wawasan jauh lebih banyak dari anak seusianya yang di sekolah masih kesulitan menjelaskan kepanjangan dari BPUPKI^^ karena Buku, Reza selangkah lebih maju. bahkan yang mau ngajarin malah gak sehebat Reza dalam urusan sejarah.
Malu ya udah setua ini tapi masih sotoy, jarang baca buku, kalau butuh tahu sesuatu tinggal googling, dapat jawabannya instan-lupanya pun instan. Padahal hal se-mulia dakwah Rasulullah saja semua berasal dari perintah Allah untuk membaca, apalagi cuma kehidupan kita yang serba tak sempurna ini.
Hufffet
Saksikan yaa 20-25 tahun lagi akan muncul generasi pengganti JJ Rizal dan Anhar Gonggong, akan ada sejarawan cerdas dari kota ini bernama Muhammad Reza. Barokallahu :)

-1 Juni 2016-
Selamat hari Lahir Pancasila, teman-teman ^^

0 komentar:

Posting Komentar

statistics

Bukan pakar, mari sama-sama belajar. Pun bukan ahli, mari saling berbagi | Melangit dan Membumi

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact